6 Jenis Tanaman Hidroponik Bernilai Jual Tinggi Cepat Panen

6 Jenis Tanaman Hidroponik Bernilai Jual Tinggi Cepat Panen

Daya beli masyarakat terhadap sayur dan buah yang tinggi membuat nilai jualnya semakin meningkat. Naiknya harga kebutuhan makanan pokok berupa sayur dan buah tersebut tentunya memberikan dampak bagi usaha di bidang pertanian. Hasil panen yang didapat memiliki nilai jual tinggi sehingga memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Dalam budidayanya, anda bisa menggunakan teknik hidroponik. Budidaya tanaman hidroponik bernilai jual tinggi relatif lebih cepat panen.


Ada beberapa jenis sayur dan buah yang memiliki nilai jual tinggi. Beberapa jenis sayur dan buah tersebut juga mudah ditanam dengan teknik hidroponik. Hal ini tentu saja membuat anda semakin untung. Tanaman hidroponik bernilai jual tinggi pun sangat mudah dalam hal perawatannya. Anda tidak perlu memberikan perawatan yang khusus terhadapnya. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman hidroponik tersebut.

Jenis Tanaman Hidroponik Bernilai Jual Tinggi


Berikut berbagai jenis tanaman hidroponik bernilai jual tinggi cepat panen selengkapnya untuk anda.

1. Semangka


Tanaman hidroponik bernilai jual tinggi yang pertama ialah semangka. Tanaman buah bernilai ekonomi tinggi ini mampu menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh. Tahapan yang perlu anda lakukan dalam membudidayakan tanaman buah semangka secara hidroponik ini adalah pemilihan bibit. Setelah itu, anda lanjutkan dengan mempersiapkan alat serta bahannya untuk membuat sistem hidroponik. Kemudian anda lakukan menyemaikan tanaman, penanaman tanaman, serta pemeliharaan tanaman. Baru setelah itu, anda bisa lakukan proses panen tanaman buah semangka ketika telah menginjak usia 2-3 bulan sesudah masa tanam.

2. Selada


Hidroponik sayuran ini telah tersebar di luas lahan sekitar 300.000 hektar dengan hasil produksi mencapai 3 juta ton tiap tahunnya. Daun selada ini bisa dijadikan sebagao lalapan sayur untuk makan pecel lele, ayam goreng, dan lain sebagainya. Mengonsumsi selada secara rutin tentu saja akan berdampak positif terhadap kesehatan tubuh.

3. Strawberry


Selain semangka, tanaman hidroponik buah-buahan bernilai jual tinggi lainnya ialah strawberry. Buah strawberry banyak digunakan sebagai bahan makanan seperti halnya selai, produk minuman, dan juga pemanis pada beberapa jenis kue. Penggunaannya yang begitu beragam tersebut menjadikan buah strawberry sebagai tanaman buah yang bernilai ekonomi tinggi. Tanaman buah strawberry ini bisa ditanam secara hidroponik dengan menerapkan sistem tetes. Cara ini dinilai lebih mudah dan praktis.

4. Blueberry


Dalam budidaya blueberry secara hidroponik, anda bisa gunakan media tanam seperti cocopeat. Sementara wadah penyemainya dapat menggunakan pot kecil ataupun potongan botol. Jangan anda gunakan polybag. Pasalnya, polybag bisa melepaskan zat kimia tertentu yang mampu memengaruhi proses tumbuh buah blueberry. Polybag ini aman untuk semua jenis tanaman, kecuali blueberry. Tanaman buah blueberry memiliki tingkat kepekaan serta sensitifitas yang tinggi akan unsur maupun zat-zat kimia.

5. Seledri


Jenis sayuran yang satu ini bisa ditanam secara hidroponik dengan menerapkan sistem sumbu atau wick system. Tak hanya sistem sumbu, seledri sebenarnya juga bisa ditanam hidroponik dengan sistem lainnya seperti rakit apung atau water culture. Setiap sistem hidroponik tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Dibalik ukuran seledri yang terbilang mini, ada banyak kandungan dan manfaat yang ada di dalamnya.

6. Terong Jepang


Terong Jepang memiliki bentuk yang bervariasi, ada yang bulat, panjang, serta pendek. Jenis sayuran dari Jepang ini seringkali dijadikan sebagai tempura dan campuran salad. Terong Jepang ini termasuk jenis sayuran sehat yang bisa digunakan sebagai alat pengobatan alami. Banyak manfaat yang bisa diambil dari sayuran ini seperti mencegah kanker usus.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top