Trik Sukses Budidaya Tanaman Hidroponik Gelombang Cinta

Trik Sukses Budidaya Tanaman Hidroponik Gelombang Cinta

Gelombang cinta atau Anthurium adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak disukai karena tampilannya yang indah. Nama tanaman hias ini sempat melejit dan bahkan harganya pernah mencapai ratusan juta. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang ingin membudidayakannya. Cara menanam gelombang cinta bisa menerapkan teknik hidroponik. Cara budidaya tanaman hidroponik gelombang cinta ini dapat dikatakan mudah bahkan untuk pemula sekalipun.


Gelombang cinta memiliki peluang bisnis yang bagus. Tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis seperti Indonesia. Perawatan gelombang cinta ini juga mudah. Anda tak perlu memberikan perlakukan khusus pada tanaman hias yang satu ini. Tak heran jika banyak pemula yang telah berhasil membudidayakan jenis tanaman hias ini. Untuk anda yang penasaran dengan bertanam hidroponik gelombang cinta ini, anda simak saja cara budidaya tanaman hidroponik gelombang cinta dibawah ini.

Budidaya Tanaman Hidroponik Gelombang Cinta


Berikut ini adalah cara budidaya tanaman hidroponik gelombang cinta selengkapnya untuk anda.

1. Persiapan


Sebelum anda melakukan bertanam hidroponik tanaman hias gelombang cinta tersebut, anda siapkan media tanam gelombang cinta, alat, dan juga tanamannya terlebih dahulu. Ketika memilih tanaman hias gelombang cinta yang akan ditanam dengan teknik hidroponik, anda jangan sampai memilih tanaman yang mempunyai batang terlalu tinggi. Pasalnya, dikhawatirkan nantinya tanaman akan mudah roboh. Perlu diingat, dalam bertanam hidroponik ini anda hanya menggunakan batu dan arang sebagai penyangga tanaman supaya tidak roboh.

Sementara untuk alat yang digunakan yaitu pot atau wadah (bisa menggunakan baskom). Akan lebih baik jika anda menggunakan pot yang berbahan plastik dan juga transparan. Hal ini dilakukan supaya wadah tanaman tersebut tidak mudah ditumbuhi lumut. Anda jangan menggunakan pot atau wadah yang berbahan logam. Pasalnya, ketika terkena air dan panas akan membuatnya mudah berkarat. Hal ini tentu saja akan berdampak pada tanaman yang akan anda tanam.

2. Penanaman


Setelah menyiapkan semua alat maupun bahannya, kini anda beralih ke tahap penanaman. Dalam tahap ini, anda hanya perlu meletakkan tanaman hias gelombang cinta ke dalam pot yang telah anda siapkan tadi. Setelah itu, anda jepit atau pasok dengan menggunakan batu-batu kecil dan arang. Penggunaan arang ini memiliki tujuan untuk menghilangkan aroma tak sedap dari nutrisi tanaman hias gelombang cinta. Setelah tanaman hias gelombang cinta berdiri dengan tegak dan kokoh, anda masukkan nutrisi tanaman hidroponik yang telah dilarutkan dengan air secukupnya.

Anda dapat memperoleh nutrisi hidroponik khusus tanaman hias gelombang cinta di toko pertanian sekitar tempat tinggal anda. Selain membelinya, anda juga bisa membuatnya sendiri. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu melarutkan 1 kg pupuk urea, pupuk npk, pupuk kcl, dan juga pupuk daun ke dalam air sebanyak 20 liter. Anda campur semua bahan tersebut sampai membentuk cairan yang kental. Setelah itu, anda larutkan kembali cairan kental dengan 100 liter air. Larutan nutrisi pun sudah siap digunakan.

3. Perawatan


Tanaman hias gelombang cinta tidak memerlukan perawatan yang khusus. Anda hanya perlu mengganti larutan nutrisi hidroponik tadi secara berkala atau sekitar 1 bulan sekali. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan pertumbuhan tanaman hias gelombang cinta dengan membuang daun-daun yang sudah mulai layu. Hal ini dikarenakan daun tanaman yang terlalu banyak tidak baik untuk pertumbuhan dan juga perkembangan tanaman itu sendiri.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top