>

5 Jenis Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomis Tinggi

5 Jenis Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomis Tinggi

Ada banyak keuntungan yang bisa anda ambil ketika bertanam dengan cara hidroponik. Selain dapat memanfaatkan lahan terbatas, anda juga akan memanen tanaman hidroponik tersebut lebih awal. Dengan masa panen yang lebih cepat ini tentu saja sangat menguntungkan anda. Terlebih lagi jika yang anda tanam tersebut merupakan tanaman hidroponik bernilai ekonomis tinggi. Apabila anda benar dalam bertanam hidroponik tersebut tentunya anda akan untung berlipat ganda.


Tanaman hidroponik yang memiliki nilai ekonomis tinggi ini meliputi berbagai jenis sayuran, buah, dan bahkan tanaman hias. Akan menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan jika anda berhasil mengelola tanaman mahal cepat panen tersebut. Adapun cara bertanam hidroponik tanaman bernilai ekonomis tinggi ini sama seperti halnya bertanam hidroponik tanaman lainnya. Sedangkan jika anda ingin mengetahui apa saja tanaman hidroponik yang memiliki nilai jual tinggi tersebut, langsung saja simak tanaman hidroponik bernilai ekonomis tinggi berikut ini.

Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomis Tinggi


Dibawah ini adalah beberapa tanaman hidroponik bernilai ekonomis tinggi yang perlu untuk anda ketahui.

1. Melon


Melon adalah salah satu tanaman buah bernilai ekonomi tinggi yang bisa anda tanam secara hidroponik. Proses menanam melon secara hidroponik ini dimulai dengan memilih bibit yang unggul. Setelah itu, anda lakukan pembibitan, penyemaian, dan penanaman. Setelah proses penanaman selesai, anda lanjutkan dengan proses pemberian larutan nutrisi serta perawatan hingga buah melon iap dipanen.

2. Anggur


Anda dapat menanam buah anggur secara hidroponik di pot (tabulampot). Dalam menanam buah anggur secara hidroponik ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Beberapa hal tersebut ialah daerah yang kering (25-31 derajat celcius), kelembaban udara 40-60 persen, dan intensitas matahari penuh di sepanjang hari. Tanaman buah anggur ini dapat tumbuh di daerah yang mencapai ketinggian 1-800 mdpl. Fase panen buah ini akan terjadi setelah 90-100 hari sejak pembungaan. Adapun tanda-tanda buah anggur siap panen ialah warnanya telah merata serta butirannya yang mudah lepas.

3. Paprika


Jika anda memberikan perawatan intensif ketika melakukan budidaya paprika secara hidroponik, anda akan mendapatkan hasil pertanian 2,5 kg buah per tanaman. Hasil ini lebih banyak dibandingkan menanam paprika di tanah yang hanya mampu menghasilkan 1 kg buah per tanaman. Salah satu perawatan intensif yang bisa anda lakukan agar mendapatkan hasil yang memuaskan tersebut ialah memperhatikan konsentrasi nutrisi hidroponiknya.

4. Timun Jepang


Timun Jepang merupakan salah satu jenis sayuran yang sulit untuk didapatkan. Jenis sayuran ini hanya bisa anda temukan di supermarket kota-kota besar. Sayuran berbentuk panjang berwarna hijau ini juga bisa anda tanam secara hidroponik. Adapun proses menanamnya sama seperti halnya menanam tanaman hidroponik lainnya. Untuk nutrisinya, anda bisa menggunakan larutan nutrisi hidroponik buatan sendiri dengan memanfaatkan bahan organik di sekitar anda atau bisa juga mencampurkan pupuk organik yang telah siap pakai.

5. Tomat


Menanam tomat dengan cara hidroponik sangat mudah untuk dilakukan. Untuk memulai menanam tomat secara hidroponik ini, anda harus memilih bibit tomat yang berkualitas baik. Bibit tomat ini bisa anda beli di toko pertanian terdekat anda. Dengan menggunakan bibit tomat unggulan tentu saja memudahkan anda untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan. Langkah selanjutnya ialah penyemaian. Anda semai benih tomat tersebut. Gunakan media tanam seperti halnya serbuk sabut kelapa dan jangan lupa berikan perawatan secara rutin sampai berumur hampir satu bulan. Saat itulah tomat telah siap ditanam.



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top