Cara Menanam Tanaman Hidroponik Anggrek Dengan Mudah

Bagi anda yang suka dengan tanaman hias tentunya tertarik untuk menanamnya. Adapun salah satu tanaman hias yang memiliki banyak penggemar ialah bunga anggrek. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menanam bunga anggrek tersebut, salah satunya ialah dengan teknik hidroponik. Hidroponik ini tidak memerlukan tanah, melainkan menggunakan air yang bercampur nutrisi khusus sebagai media tanamnya. Cara menanam tanaman hidroponik anggrek ini tidak sulit untuk anda lakukan.


Dengan menggunakan teknik hidroponik ini, bunga anggrek anda akan terlihat lebih subur. Bahkan tanaman anggrek ini bisa lebih cepat berbunga. Alat dan bahan yang perlu anda siapkan untuk budidaya tanaman anggrek secara hidroponik ini mudah untuk ditemukan. Anda bahkan bisa menggunakan barang-barang bekas yang sudah tak terpakai di sekitar anda. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja cara menanam tanaman hidroponik anggrek dibawah ini.

Cara Menanam Tanaman Hidroponik Anggrek


Tanaman hias terbilang mudah untuk ditanam secara hidroponik. Ada banyak tanaman hias yang bisa anda tanam secara hidroponik tersebut. Salah satu tanaman hias tersebut ialah bunga anggrek. Bunga yang dihasilkan oleh tanaman anggrek hidroponik ini akan lebih banyak jika dibandingkan tanaman anggrek yang ditanam biasa. Anda pun tak membutuhkan waktu lama untuk melihat tanaman anggrek anda menghasilkan bunga. Berikut ini adalah cara menanam tanaman hidroponik anggrek yang perlu untuk anda ketahui.

Persiapan Alat dan Bahan


Alat dan bahan yang perlu anda siapkan untuk melakukan budidaya tanaman anggrek diantaranya yaitu pelet tanah liat, nutrisi hidroponik khusus tanaman bunga, gelas plastik bekas atau yang lainnya, alat pelubang gelas plastik (paku, gunting), tatakan gelas, dan bibit bunga anggrek. Dalam memilih benih bunga anggrek, anda harus benar-benar teliti. Jangan anda pilih bibit bunga anggrek yang rusak. Anda harus pandai-pandai memilih bibit bunga anggrek unggulan. Anda bisa mendapatkan bibit bunga anggrek berkualitas di toko pertanian ataupun toko bunga terdekat anda.

Penanaman


Cara menanam anggrek media air selanjutnya ialah tahap penanaman. Sebelumnya, anda lubangi bagian dasar gelas plastik bekas dengan menggunakan paku. Anda buat dua lubang secara sejajar dengan diameter sekitar 0,5 cm. Anda beri jarak antar lubang sekitar 5 cm. Selain bagian dasar gelas tanam, anda juga perlu melubangi gelas tanam secara melingkar. Apabila lubang telah selesai anda buat, selanjutnya anda masukkan media tanamnya. Adapun media tanam tersebut yaitu pelet tanah liat.

Anda masukkan bahan tersebut ke gelas tanam tadi dengan ukuran setinggi lubang yang melingkari gelas tanam tadi. Lalu anda tanam bibit bunga anggrek ke gelas dalam posisi tegak. Setelah itu, timbun kembali menggunakan media tana, pelet tanah liat sampai semua bagian akar anggrek tertutup. Anda lalu letakkan gelas tanam di atas tatakan gelas. Beri air yang telah dicampur dengan nutrisi hidroponik. Tempatkan di tempat yang teduh.

Perawatan


Setelah anda melakukan tahap penanaman tanaman bunga anggrek, anda selanjutnya beralih ke tahap perawatan. Bunga anggrek tidak membutuhkan perawatan ataupun perlakukan yang khusus. Yang perlu anda lakukan ialah dengan memeriksa larutan nutrisi yang ada di gelas tanam anggrek secara berkala. Apabila larutan nutrisi tersebut telah berkurang, anda harus segera memberikan atau menambahkan nutrisi lagi ke dalamnya. Hal ini dilakukan supaya tanaman anggrek yang anda tanam secara hidroponik ini tidak layu atau bahkan mati.

0 Response to "Cara Menanam Tanaman Hidroponik Anggrek Dengan Mudah"

Contact Us

Name

Email *

Message *