Cara Budidaya Tanaman Hias Hidroponik Dalam Ruangan

Cara Budidaya Tanaman Hias Hidroponik Dalam Ruangan

Tanaman hias dapat anda tanam dengan mudah menggunakan teknik hidroponik. Bertanam hidroponik ini memang telah terpercaya dapat membudidayakan berbagai tanaman hias, baik indoor maupun outdoor. Tanaman hias hidroponik dalam ruangan itu sendiri terbilang agak sulit penanamannya dibandingkan tanaman hias hidroponik luar ruangan. Namun jika anda telah berhasil budidayanya, anda akan dapat percantik ruangan dengan tanaman indoor tersebut.


Ada banyak tanaman hias dalam ruangan yang bisa anda budidayakan secara hidroponik. Adapun tanaman hias yang dimaksud tersebut antara lain sirih gading, garber daisy, peace lily, dan heart leaf philodendron. Cara membudidayakan tanaman hias dalam ruangan rumah tersebut cukup mudah dilakukan. Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara budidayanya, simak saja cara budidaya tanaman hias hidroponik dalam ruangan dibawah ini.

Budidaya Tanaman Hias Hidroponik Dalam Ruangan


Berikut ini adalah cara budidaya tanaman hias hidroponik dalam ruangan selengkapnya untuk anda.

Persiapan


Sebelum melakukan penanaman tanaman hias dalam ruangan secara hidroponik, ada baiknya anda menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Adapun alat dan bahan yang perlu anda siapkan tersebut antara lain media tanam, nutrisi hidroponik khusus tanaman hias dalam ruangan, alat pelubang gelas plastik (gunting, paku, atau yang lainnya), tatakan gelas, dan yang terakhir tentunya bibit tanaman hias dalam ruangan yang akan ditanam. Media tanam yang bisa anda gunakan nantinya yaitu bisa pelet tanah liat, gelas plastik bekas, atau bisa juga media tanam yang lain.

Penananam


Setelah semua alat dan bahan anda siapkan, selanjutnya anda lakukan penanaman. Namun sebelumnya, gelas plastik bekas yang akan anda gunakan untuk tanam tanaman hias dalam ruangan secara hidroponik harus dilubangi bagian dasarnya. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan paku atau alat yang lainnya. Caranya cukup mudah. Anda buat dua lubang yang sejajar. Lubang tersebut anda buat dengan diameter masing-masing lubang kurang lebih sekitar 0,5 cm dan jarak antarlubang tersebut sekitar 5 cm.

Tak hanya bagian dasarnya saja, anda juga perlu buat lubang yang memiliki diameter sama dengan lingkar gelas tanam. Jika lubang telah selesai anda buat, selanjutnya anda masukkan media tanam berupa pelet tanah liat ke dalam gelas tanam yang sudah anda lubangi tadi dengan ukuran sampai setinggi lubang yang dibuat melingkari gelas tanam. Setelah tahap tersebut, anda tanam bibit tanaman hias dalam ruangan dalam gelas. Tanam bibit tersebut dengan posisi tegak.

Setelah ditanam, anda timbun kembali dengan media tanam pelet tanah liat sampai seluruh bagian akar tanaman hias dalam ruangan tersebut tertutup. Selanjutnya, anda tempatkan gelas tanam tanaman hias dalam ruangan tersebut di atas tatakan gelas. Kemudian anda beri air yang sudah dicampur dengan nutrisi hidroponik khusus tanaman hias dalam ruangan ke dalam gelas tanam tersebut. Anda letakkan pada tempat yang teduh serta hindari dari sinar matahari secara langsung sampai beberapa hari supaya tanaman hias dalam ruangan dapat beradaptasi.

Perawatan


Setelah anda berhasil melakukan proses penanaman, kini anda lanjutkan ke tahap perawatan. Lakukan perawatan pada tanaman hias dalam ruangan hidroponik tersebut dengan cara memeriksa larutan nutrisi yang ada di gelas tanam tanaman hias dalam ruangan secara rutin. Jika larutan sudah mulai berkurang, segera anda beri larutan nutrisi kembali. Pada dasarnya, cara merawat tanaman hias dalam ruangan hidroponik ini terbilang mudah dilakukan.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top