Cara Menanam Tanaman Hias Hidroponik Bunga Mawar Wick

Bunga seringkali dijadikan simbol romantisme. Dari sekian banyak jenis bunga, mawar menjadi jenis bunga paling digemari. Bunga mawar menjadi salah satu jenis bunga yang sangat dikagumi kaum wanita dengan keindahan warnanya. Warna pada tiap jenis bunga mawar itu sendiri memiliki makna tersendiri. Mawar merupakan jenis tanaman dari genus Rose yang memiliki batang berduri dan bersifat menjalar tinggi bahkan bisa mencapai 5 meter. Tak hanya untuk mengungkapkan isi hati, bunga mawar juga sering digunakan sebagai tanaman obat, bahan kosmetik, hingga minuman teh.


Bunga mawar termasuk tanaman hias yang banyak dibudidayakan. Adapun salah satu cara untuk membudidayakan bunga mawar tersebut ialah dengan teknik hidroponik. Cara menanam tanaman hias hidroponik bunga mawar tersebut ialah dengan memanfaatkan pot. Pada dasarnya, cara menanam bunga mawar dengan cara hidroponik sama seperti halnya menanam bunga dengan cara biasa. Hanya saja menggunakan media tanam yang berbeda. Bertanam mawar hidroponik tentu saja menggunakan media air tanpa menggunakan tanah.

Cara Menanam Tanaman Hias Hidroponik


Dalam menanam bunga mawar secara hidroponik, anda tidak boleh sembarangan. Apabila anda tidak mengetahui tekniknya, umur bunga mawar yang anda tanam nantinya tidak akan bertahan lama. Untuk itu, anda simak saja cara menanam tanaman hias hidroponik bunga mawar yang tepat berikut ini.

Persiapan Alat dan Bahan


Cara menanam tanaman hias hidroponik yang pertama ialah dengan menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Adapun alat dan bahan yang anda butuhkan diantaranya yaitu rockwool, cocopeat (sabut kelapa yang dihancurkan), sekam bakar, pot ukuran minimal 10cm, boks yang lebih besar sebagai penampung air nutrisi, dan kain flanel.

Penyemaian Benih


Selanjutnya, anda semai benih bunga mawar menggunakan rockwool. Selain rockwool, anda juga bisa menggunakan media campuran sekam bakar dan cocopeat. Adapun cara menyemainya sama seperti halnya saat menyemai menggunakan media tanah biasa. Anda ikuti petunjuk pada kemasan benih yang biasanya diikut sertakan dari seller masing-masing. Diamkan sampai semaian minimal hingga berdaun 4 (daun sejati).

Persiapan Media


Anda siapkan pot. Lalu berikan sumbu kain flanel pada bagian bawahnya. Anda lubangi tutup atas boks plastik tadi sesuai dengan ukuran pot. Anda bisa melubanginya dengan cutter yang telah dipanaskan. Lalu isi pot dengan campuran sekam bakar serta cocopeat. Basahi dengan air secukupnya, jangan sampai menggenang.

Persiapan Nutrisi


Gunakan nutrisi AB Mix bunga. Anda larutkan serbuk nutrisi sesuai dengan panduan yang ada pada kemasan. Kemudian masukan 1 liter air ke boks nutrisi. Campur dengan 5 ml larutan nutrisi A, dan larutan nutrisi B sebanyak 5 ml. Aduk sampai rata. Untuk boks kuran 8 liter, biasanya butuh 4 liter air (setengah boks). Dengan demikian, nutrisinya butuh 4 kali takaran. Air 4 liter, larutan A 20 ml, larutan B 20 ml.

Pemindahan Tanaman


Anda pindahkan tanaman muda dari persemaian ke dalam pot bersumbu yang telah disediakan tadi. Anda bisa menggunakan sendok. Selanjutnya, anda letakkan pot di atas boks yang berisi cairan nutrisi tadi. anda telah berhasil menanam tanaman hias bunga mawar secara hidroponik.

Perawatan


Jika cairan nutrisi berkurang atau habis, anda buat larutan nutrisi yang sama dengan cara yang telah dijelaskan di atas. Tanaman hidroponik bunga mawar tersebut tetap membutuhkan cahaya matahari. Oleh karena itu, tempatkan pot di area yang terkena sinar matahari cukup. Semakin besar, akar tanaman bunga mawar bisa mencari sumber nutrisi sendiri.

0 Response to "Cara Menanam Tanaman Hias Hidroponik Bunga Mawar Wick"

Contact Us

Name

Email *

Message *