>

Budidaya Tanaman Hias Hidroponik yang Mudah Dilakukan

Budidaya Tanaman Hias Hidroponik yang Mudah Dilakukan

Teknik hidroponik banyak dipilih masyarakat yang memiliki lahan terbatas. Pasalnya, teknik hidroponik ini dapat dibuat secara bertingkat sehingga tidak membutuhkan banyak lahan. Anda dapat menggunakan teknik hidroponik ini untuk menanam berbagai sayuran dan juga buah. Tak hanya itu saja, hidroponik juga sering digunakan untuk menanam tanaman hias. Budidaya tanaman hias hidroponik ini mudah untuk dilakukan. Bahan dan peralatan yang diperlukan pun mudah ditemukan.

Cara menanam bunga hidroponik dapat anda lakukan di halaman depan, samping, maupun belakang rumah anda. Mengingat tak memerlukan lahan yang luas, anda dapat menanam hidroponik di lahan manapun. Dibutuhkan ketelatenan jika anda ingin melakukan budidaya tanaman hias dengan teknik hidroponik tersebut. Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara budidaya tersebut, simak saja budidaya tanaman hias hidroponik pada ulasan berikut ini.

Budidaya Tanaman Hias Hidroponik


Berikut ini adalah budidaya tanaman hias hidroponik selengkapnya untuk anda.

  • Persiapan

Anda mulai budidaya tanaman hias secara hidroponik dengan menyiapkan media tanam serta tanaman hiasnya. Media tanam yang diperlukan yakni pot plastik, batu kecil-kecil, dan juga arang. Pemakaian pot plastik ini bertujuan supaya pot tidak berkarat. Selain itu, anda juga perlu menyiapkan nutrisi tanaman hias yang berupa nutrisi AB mix.

  • Penanaman

Langkah selanjutnya ialah proses menanam tanaman hias pada media tanam yang telah disiapkan. Caranya, anda posisikan tanaman hias pada pot plastik. Lalu susun batu kecil-kecil serta arang untuk menjaga tanaman hias tersebut supaya tidak roboh. Setelah itu, siram larutan nutrisi yang terdiri dari campuran nutrisi A dan B pada pot plastik. Anda harus memastikan bahwa larutan nutrisi tersebut mencapai ketinggian hingga 4/5 tinggi pot.

  • Perawatan

Setelah semua langkah anda lakukan, kini anda hanya perlu melakukan perawatan. Dalam perawatannya, anda hanya perlu mengganti larutan nutrisi tersebut 1 bulan sekali. Selain itu, anda harus mengawasi pertumbuhan gulma (lumut, rumput) yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman hias.

Jenis Tanaman Bunga Hidroponik


  • Anggrek

Anggrek termasuk jenis tanaman hias bunga yang bisa ditanam dengan teknik hidroponik. Caranya, anda hanya perlu memindah anggrek pada media hidroponik dalam pot agregat yang berpori. Namun sebelumnya, pot agregat tersebut harus telah diisi dengan larutan nutrisi khusus anggrek.

  • Suplir (Adiantum)

Suplir termasuk jenis tanaman hias daun yang bisa dikembangkan melalui teknik hidroponik. Lahan terbaik untuk menanamnya ialah lahan yang memiliki sifat basah. Jika ditanam di lahan basah tersebut, suplir bisa tumbuh dengan subur. Anda dapat meletakkan suplir di dalam ruang karena ia tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Jangan lupa untuk memberikan larutan hidroponik pada wadah atau pot tanaman hias suplir tersebut.

  • Keladi Red Star

Jenis tanaman hias daun ini bisa dibudidayakan secara hidroponik. Keladi Red Star membutuhkan sinar matahari yang cukup sehingga anda harus menempatkannya di luar ruangan saat bertanam hidroponik. Jika anda meletakkannya di dalam ruang, warna daunnya dapat berubah menjadi pucat dan kusam.

  • Aglaonema (Sri Rejeki)

Aglaonema merupakan jenis tanaman hias daun yang bisa anda tanam dengan teknik hidroponik. Saat menanam Aglaonema secara hidroponik, anda harus meletakkannya di luar ruangan supaya mendapatkan pasokan sinar matahari dan udara yang cukup. Teknik perawatan dan pemeliharaan Aglaonema terbilang sulit. Apabila larutan nutrisi dan kandungan air pada medianya berlebihan, Aglaonema mudah busuk dan menjadi layu hingga akhirnya mati.



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top