Teknik Menanam Hidroponik Sayuran

Hidroponik Sayuran - Sumber mineral dan vitamin yang sangat berguna  untuk tubuh manusia bisa diperoleh terutama dari Sayuran (sayur mayur). Manusia tidak perlu mengkonsumsi sayuran terlalu banyak, sedikit saja sudah cukup. Zat vitamin dan mineral akan dibuang oleh tubuh jika jumlahnya berlebih. Pemenuhan kebutuhan sayuran yang dikomsumsi sehari – hari bias dilakukan secara mudah dan murah di pekarangan rumah. Caranya dengan menanam hidroponik sayuran di rumah.

Menanam hidroponik sayuran dapat dilakukan di pekarangan rumah dengan lahan sempit sekalipun. Cara hidroponik sederhana bisa diterapkan dengan keterbatasan lahan, karena dengan hidroponik anda cukup menyediakan beberapa perlengapan sederhana, pupuk / nutrisi  dan yang utama adalah sinar matahari. Teknologi hidroponik dapat menjadi solusi menanam beberapa jenis sayuran dengan mudah. Tanaman hidroponik sayuran yang cocok dan bisa tumbuh optimal dengan cara hidroponik diantaranya sayuran sawi, kangkung, bayam, selada dan pakcoy. Tanaman ini tentunya merupakan sayuran yang umum dikonsumsi oleh masyarakat.

hidroponik sayuran

Beberapa Cara Menanam Hidroponik Sayuran 

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menanam hidroponik sayuran di rumah. Mari kita simak di bawah ini.

Menanam hidroponik sayuran dengan system wick

Menanam  hidroponik dengan system wick adalah metode yang paling sederhana dan murah. Dengan beberapa perlengkapan sederhana Anda bisa memulainya di rumah.  Untuk menggunakan teknik ini, perlengkapan yang dibutuhkan adalah botol plastic bekas air mineral, media tanam bisa berupa cocopeat, sekam, spons  dan guntung atau cutter untuk membuat lubang, sumbu atau kain untuk menyerap nutrisi dan tentu air nutrisi anda bisa menggunakan kain flannel.

Tahapan pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Botol bekas di potong  menjadi  2 bagian
  2. Buat lubang di tutup botol untuk sumbu kain, pastikan lubangnya pas untuk menahan kain sumbu.
  3. Pasang sumbu yang menjulur dari atas sampai ke dasar botol, ini berfungsi untuk proses penyerapan cairan nutrisi dari botol bagian bawah ke media tanam
  4. Isi bagian atas botol dengan  media tanam. Lalu masukan bibit yang sudah siap tanam.
  5. Isi bagian bawah botol dengan air nutrisi, simpan botol di tempat yang terkena sinar matahari.
hidroponik sayuran sistem wick

Menanam hidroponik sayuran dengan Sistem Kultur Air

Teknik ini adalah penanaman dengan memberikan nutrisi hidroponik pada wadah yang digunakan, hal ini bertujuan agar larutan nutrisi tersebut akan diserap oleh akar tanaman. Pada teknik ini akar tanaman sebagia dibiarkan terendam di dalam larutan nutrisi. Wadah yang digunakan biasanya berukuran besar seperti bak misalnya. Cara menanam hidroponik sayuran ini bisa anda jumpai pada berbagai jenis sayuran, seperti selada dan kangkung.

Penerapan skala kecil anda bisa menggnakan wadah bak/ nampan plastic seperti pada gambar. Siapakan juga lembaran styrofoam atau bisa diganti dengan lembaran kardus plastik. Untuk bibit tanaman gunakan net pot atau bisa dig anti dengan cup es krim yg di lubangi di bagian dasarnya. Media tanam gunakan spons atau rockwool.
hidroponik sayuran sistem kultur air

Tahapan pembuatannya adalah sebagai berikut :


  1. Styrofoam/plastic dilubangi sesuai ukuran net pot, sesuaikan jarak tanamnya usahakan jangan terlalu rapat.
  2. Masuk air nutrisi kedalam wadah bak aduk-aduk hingga rata
  3. Susun net pot yang sudah terisi bibit siap tanam pada lubang yang tersedia di styrofoam
  4. Tempatkan Styrofoam di atas bak, lalu simpan di tempat yang terkena sinar matahari
  5. Jangan lupa untuk memeriksa nutrisi dan aduk-aduk larutan setiap hari.
hidroponik sayuran sistem kultur air sederhana

Menanam hidroponik sayuran dengan Nutrient Film Tehnique (NFT)

Konsep dasar Hidroponik sistem NFT ini adalah suatu metode budidaya tanaman dengan akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi hidroponik yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, nutrisi dan oksigen. Tanaman tumbuh dalam lapisan polyethylene dengan akar tanaman terendam dalam air yang berisi larutan nutrisi yang disirkulasikan secara terus menerus dengan pompa. Daerah perakaran dalam larutan nutrisi dapat berkembang dan tumbuh dalam larutan nutrisi yang dangkal sehingga bagian atas akar tanaman berada di permukaan antara larutan nutrisi dan styrofoam, adanya bagian akar dalam udara ini memungkinkan oksigen masih bisa terpenuhi dan mencukupi untuk pertumbuhan secara normal.

Untuk menanam hidroponik sayuran dengan teknik NFT tidaklah mudah karena dibutuhkan beragam peralatan teknik dan keahlian menggunakannya contohnya bor listrik. Teknik ini juga memerlukan ketelitian dalam menentukan kemiringan bed.  Hal ini akan menentukan berapa laju air dan juga tenaga pompa yang dibutuhkan. Teknik hidroponik NFT pernah diulas khusus silahkan baca selengkapnya di sini Cara Menanam Hidroponik Sistem NFT.

hidroponik sayuran sistem NFT

Walaupun terlihat rumit cara menanam hidroponik sayuran dengan NFT sangat efektif  bahkan di lahan sempit sekalipun. Ya teknk ini bisa diterapakan pada sekali kecil, silahkan lihat gambar. Dalam ukuran kecil saja bisa dibuat banyak lubang bibit tananam yang tentunya panen yang didapat lebih banyak dibandingkan teknik lain.

Anda bisa memilih cara yang cocok dan sesuai dengan kondiri di rumah anda. Mulai bertanam hidroponik di rumah karena bermanfaat dan bisa berhemat. Demikian artikel tentang cara menanam hidroponik sayuran dirumah semoga bermanfaat bagi Anda.