>

Memahami Pengertian dan Prinsip Dasar Hidroponik

Memahami Pengertian dan Prinsip Dasar Hidroponik

Pengertian Hidroponik 


Bagi anda yang hobi bercocok tanam tapi memiliki lahan sempit, itu bukan masalah. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, maka ada jawaban untuk memecahkan masalah lahan sempit untuk bercocok tanam yaitu dengan cara hidroponik. Hidoponik adalah teknik bercocok tanam yang menggunakan air tanpa media tanah. Dari pengertian hidroponik tersebut, Anda pasti masih mempertanyakan  bagaimana konsep hidroponik. Beberapa manfaat yang bisa didapat dari cara tanam hidroponik antara lain tanaman bebas dari hama, perawatan lebih mudah, tanaman cepat berkembang dan hemat lahan tanam.

pengertian hidroponik

Metode bertanam hidroponik merupakan teknik penanaman yang baru di dunia pertanian. Belum begitu banyak masyarakat yang paham dengan konsep tanam ini. Seperti yang disebutkan di atas bertanam hidroponik tidak menggunakan tanah, melainkan menggunakan air, pasir, kerikil atau sekam. Tempat tanamnya juga menggunakan botol bekas, ember bekas, poly bag atau pipa. Cara menanamnya terbilang mudah. Untuk mendapatkan tanaman yang tumbuh dengan baik maka tempat tanam harus diberi lubang sebagai alat nafas untuk akar tanaman. Perhatikan suhu dan cahaya matahari jenis tanaman hidroponik tidak boleh terlalu banyak terkena sinar matahari karena akan menghambat pertumbuhan tanaman. 

Jenis Tanaman Hidroponik 


Setelah diuraikan mengenai pengertian hidroponik, maka saatnya Anda tahu tentang tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik adalah jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di lahan kecil. Tanaman yang dipilih juga tidak bisa sembarangan karena jenisnya harus mudah berkembang di tempat yang sempit. Jenis tanaman hidroponik yang bisa Anda tanam antara lain; buah-buahan. bagi Anda penikmat buah bisa mencoba menanam jenis buah-buah menjalar pada hidroponik. Jenis tanaman menjalar tidak terlalu sulit untuk ditanamdan sangat cocok untuk konsep hidroponik yang tidak menggunakan tanah dan memanfaatkan lahan sempit. Jenis buah yang dimaksud seperti tomat, semangka, mentimun atau strawberry. Anda juga bisa menanam sayuran, pilihlah jenis sayuran yang mudah ditanam untuk hidroponik seperti sawi, brokoli, bayam, kangkung, bawang, seledri dan beberapa jenis tanaman lain. 

Selain buah dan sayuran, Anda juga bisa menanam tanaman hias. Memanfaatkan hidroponik untuk menghias rumah. Jenis tanaman hias yang cocok ditanam seperti kaktus, anggrek atau kristan. Pastikan, pilihlah jenis tanaman hias yang tidak terlalu besar karena terbatas dengan lahan tanam. Konsep hidroponik bisa menjadi jenis dekorasi yang unik karena bisa digantung di tembok rumah Anda. 

Bertanam hidroponik juga akan melatih kreativitas Anda. Ada bisa bercocok tanam di waktu senggang dan tidak akan menyita waktu. Dari pengertian hidroponik yang telah diuraikan, Anda pasti sudah paham bahwa perawatan yang dilakukan tidak akan sulit. Anda cukup menyiram tanaman hidroponik setiap pagi dan sore hari secara rutin serta menyiangi tanaman dari parasit. Keuntungan lain adalah hasil tanaman hidroponik terbebas dari pestisida. Anda tertarik dengan konsep tanam hidroponik? Selamat mencoba. 




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top