>

Cara Menanam Seledri Hidroponik dengan Sistem Rakit Apung

Cara Menanam Seledri Hidroponik dengan Sistem Rakit Apung

Cara menanam seledri hidroponik - Tanaman seledri mengandung banyak manfaat baik digunakan untuk memasak maupun diambil manfaatnya sebagai obat. Seledri juga berkhasiat bagi penderita hipertensi atau darah tinggi.  Budidaya jenis tanaman ini tidaklah sulit, yakni salah satunya Anda bisa menerapkan cara menanam seledri hidroponik yang merupakan teknik penanaman menggunakan media air.

cara menanam seledri hidroponik
sumber aanfarm.blogspot.com

Teknik tersebut dapat menghasilkan pertumbuhan tanaman yang lebih cepat 50% dibandingkan dengan penanaman menggunakan media tanah.

Seledri yang sangat cocok ditanam dengan cara hidroponik ini akan tumbuh subur di sekitar rumah Anda jika ditanam dengan benar.

Cara Menanam Seledri Hidroponik

Salah satu teknik hidroponik yang dapat Anda terapkan sebagai cara menanam seledri adalah sistem rakit apung. Secara garis besar sistem ini memungkinkan penanaman diatas larutan nutrisi dengan cara diapungkan.
seledri hidroponik
sumber daunijo.com

Meskipun sistem yang mampu memaksimalkan hasil sayuran ini nyaris tanpa kelemahan, namun hidroponik jenis ini tidak akan efektif untuk jenis tanaman berukuran besar.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan seledri hidroponik dengan sistem rakit apung adalah bak plastik 50cm x 30cm x 20cm, gelas plastik, styrofoam, rockwool, kunci busi, dan cutter.

Bak plastik tersebut akan diisi dengan larutan nutrisi tanaman. Kemudian Anda harus memotong styrofoam seukuran bak plastik.

cara menanam seledri
sumber imamwibawa.blogspot.com 

Setelah itu panaskan kunci busi untuk membuat beberapa lubang yang ukurannya pas dengan ukuran gelas plastik pada permukaan styrofoam yang nantinya akan diletakkan ke atas bak plastik.

Gelas plastik yang sudah dilubangi bagian bawahnya dengan cutter ditata ke dalam tiap-tiap lubang pada styrofoam hingga menyentuh larutan nutrisi.

Selanjutnya, rockwool sebagai media tanam dipotong berbentuk kubus yang diberi celah sebagai tempat untuk meletakkan bibit seledri. Rockwool beserta bibit seledri tersebut kemudian diletakkan ke dasar gelas plastik.

Seledri Hidroponik Rakit Apung

Anda harus memastikan bahwa tanaman seledri Anda mendapatkan cukup sinar matahari dan larutan nutrisi. Anda bisa menempatkan tanaman seledri di tempat yang mendapatkan pancaran cahaya matahari yang baik serta selalu memastikan bahwa larutan nutrisi selalu tersedia di dalam bak.

Akar seledri juga harus senantiasa menempel pada larutan nutrisi. Biasanya setelah satu bulan penanaman, daun seledri yang lebat sudah siap untuk dipanen. Cara menanam seledri hidroponik dengan sistem rakit apung ini sangat mudah, efektif dan menguntungkan.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top