Cara Menanam Sawi Hidroponik Dengan Wick System




Cara menanam sawi hidroponik - Teknik penanaman hidroponik cukup populer di kalangan masyarakat lantaran metode ini tidak hanya mampu memaksimalkan hasil pertumbuhan tanaman yang lebih cepat tetapi juga tidak membutuhkan banyak ketersediaan lahan di rumah.

cara menanam sawi hidroponik

Salah satu jenis sayuran yang cocok ditanam secara hidroponik adalah sawi. Cara menanam sawi hidroponik bisa Anda lakukan dengan sistem sumbu yang juga dikenal sebagai metode hidroponik wick system. Metode ini manfaatkan sumbu sebagai perantara tanaman untuk mendapatkan nutrisi dari larutan nutrisi.

Cara Menanam Sawi Hidroponik Dengan Wick System (Sistem Sumbu)

Tanaman sawi memiliki banyak jenis diantaranya adalah sawi putih dan sawi hijau. Sawi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah baik untuk penderita diabetes.

Sawi yang ditanam menggunakan metode hidroponik tentunya akan jauh lebih sehat karena anda bisa menanamnya sendiri sekaligus memastikan tidak adanya penggunaan pestisida.

Cara menanam sawi secara hidroponik dengan sistem sumbu tidak membutuhkan banyak biaya. Berikut paparan mengenai langkah-langkah menanam tanaman sawi secara sederhana dengan wick system.

Anda membutuhkan bahan dan alat berupa botol bekas, paku, cutter, benih sawi, rockwool, larutan nutrisi hidroponik, dan sumbu yang bisa diperoleh dari sumbu kompor maupun kain flanel.

Pertama-tama, gunakan rockwool yang telah dipotong dan dibasahi sebagai media tanam benih sawi hidroponik hingga benih mulai tumbuh yang biasanya membutuhkan waktu satu sampai dua hari.

Sawi Hidroponik Dengan Botol Bekas

Botol bekas yang telah disiapkan dipotong menjadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Pada potongan botol atas, beri lubang di daerah leher sebagai tempat sirkulasi udara. Kemudian pada bagian tutup juga beri beberapa lubang kecil dan satu lubang di bagian tengah tutup botol.

cara menanam sawi

Masukkan sumbu dari kain flanel atau sumbu kompor melalui lubang tengah pada tutup tersebut. Setelah itu, masukkan potongan botol atas ke dalam potongan botol bawah dalam posisi terbalik sehingga bagian potongan botol bawah yang diisi dengan larutan nutrisi bisa disentuh oleh sumbu yang menjadi perantara nutrisi dengan tanaman.

Selanjutnya, benih sawi yang sudah mulai tumbuh pada media tanaman rockwool dimasukkan ke dalam bagian atas botol. Pastikan sumbu tidak hanya menyentuh larutan nutrisi tetapi juga menyentuh ujung bawah atau akar tanaman sawi.

Dengan menerapkan cara menanam sawi hidroponik sistem sumbu, sawi akan memperoleh nutrisinya dengan baik melalui sumbu tersebut.

Advertisments