>

Cara Mudah Menanam Tanaman Hidroponik Tomat di Rumah

Cara Mudah Menanam Tanaman Hidroponik Tomat di Rumah


Cara Menanam Tomat Hidroponik

Menanam tanaman hidroponik tomat  relatif mudah dan murah. Faktor yang paling utama adalah kemauan untuk belajar dan mencoba. Pada postingan ini akan kami share  cara menanam tomat hidroponik dengan memanfaatkan lahan sempit di rumah.

Pemilihan Benih Tomat

Langkah pertama menanam tanaman hidroponik tomat adalah pemilihan benih. Pilihlah benih tomat yang baik, ada baiknya membeli benih dalam kemasan utuh di toko pertanian atau via internet. Sebaiknya pililihlah benih tomat bibit unggul karena sudah teruji berkualitas baik dan lebih tahan hama penyakit tanaman.

benit tomat hidroponik
contoh benih komersil

Penyemaian

Untuk semai benih atau biji tomat gunakanlah media tanam hidroponik rockwool karena mudah dipindahkan. Potong rockwool keci-kecil berbentuk dadu lalu rendam dalam air yang sudah mengandung nutrisi. Selanjutnya sisipkan biji tomat kedalam rockwool masing-masing 1 biji untuk setiap rockwool. Rawat bibit dengan baik dengan cara menyimpan di tempat yang teduh selama beberapa hari, jika sudah berkecambah pindahkan di tempat yang terkena sinar matahari agar tidak kutilang. Jika sudah memiliki 4-6 daun sejati tanaman hidroponik tomat siap dipindahkan ketempat yang lebih besar.




Tanaman Hidroponik Tomat Dipindah ke Pot atau Botol Plastik

Pindahkan bibit tomat ke wadah pot atau botol plastik dengan tujuan agar bibit dapat berkembang lebih cepat. Perhatikan akar tanaman jangan sampai terendam seluruhnya, berikan jarak antara akr dan air nutrisi agar akar dapat oksigen.

tanaman hidroponik tomat

Nutrisi dan Pembesaran Tomat Hidroponik 

Untuk pembesaran tomat hidroponik bisa dilakukan berbagai macam, cara yang cukup sederhana dan tidak merepotkan adalah dengan menggunakan metode hidroponik sistem wick. Silahkan cek gambar di bawah ini, buatlah wadah yang menyesuaikan dengan sistem wick. Gunakan tambahan hidroton atau krikil pada media tanaman untuk membantu menopang  tanaman hidroponik tomat. Jika tanaman sudah bertambah besar dan tinggi gunakan sulur yang membantu tanaman tegak berdiri.

tomat hidroponik sistem wick

tomat hidroponik2


Gunakan nutrisi hidroponik khusus untuk tomat hidroponik, karena kandungan nutrisinya sudah disesuaikan. Cara penggunaan nutrisi hidroponik tomat

Cara membuat pekatan AB Mix:
Pekatan A : Larutkan kantong A sehingga menjadi 500 ml
Pekatan B : Larutkan kantong B sehingga menjadi 500 ml
Cara pemakaian pekatan AB Mix:
masa semai : 3 ml pekatan A + 3 ml pekatan B dengan 1 liter air bersih
Masa pertumbuhan: 5ml pekatan A +5 ml pekatan B per 1 liter air
Masa pembuahan : 7 ml pekatan A + 7 ml pekatan B per 1 liter air naikkan secara bertahap hingga 10 ml per 1 liter air agar bunga tidak rontok
nutrisi hidroponik tomat


Demikian pembahasan kami tentang cara menanam tanaman hidroponik tomat, semoga bermanfaat.





Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top