Nutrisi Hidroponik Sederhana Cocok Untuk Belajar Hidroponik



Nutrisi hidroponik sederhana – Tanaman secara umum membutuhkan unsur hara mikro dan makro untuk pertumbuhan vegetatif maupun generatif. Pada cara menanam hidroponik unsur hara diberikan atau dicampurkan dalam air sehingga membentuk larutan nutrisi hidroponik. Pada dasarnya larutan nutrisi sederhana bisa dibuat sendiri dengan mencampur beberapa bahan kimia yang bisa dibeli di toko kimia atau toko pertanian. Jika berniat membuat sendiri nutrisi hidroponik sederhana Anda bisa mencampur bahan-bahan seperti urea, kcl, npk, pupuk gandasil dan juga probiotik em4.

Nutrisi Hidroponik Sederhana vs Nutrisi Hidroponik ABmix

pupuk hidroponik
Contoh Pupuk ABmix Komersil
Sebenarnya Anda tidak perlu repot mencampur dan menakar bahan untuk membuat nutrisi hidroponik sederhana. Saat ini pupuk hidroponik atau nutrisi hidroponik sudah tersedia secara luas dan merata di beberapa kota besar. Anda bisa membeli dan mendapatkannya di toko pertanian atau bisa juga membeli secara online di internet.  Nutrisi hidroponik khusus biasanya dinamakan Abmix karena terdiri dari campuran bahan yang mengan unsur mikro dan makro. Kandungan nutrisi hidroponik Abmix lebih lengkap dibandingkan nutrisi hidroponik sederhana karena dibuat berdasarkan takaran yang tepat dan komposisi yang lebih banyak macamnya.

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sederhana

nutrisi hidroponik sederhana
Ilustrasi Pencampuran Bahan Nutrisi Hidroponik Sederhana
Tapi jika anda tetap ingin mencoba membuat sendiri berikut kami infokan cara membuat nutrisi hidroponik sederhana yang kami kutip dari beberapa sumber. Bahan-bahan yang di campur yaitu Pupuk Urea 1000 gr, Pupuk KCL 1000 gr, Pupuk NPK 1000 gr, Pupuk daun Gandasil ( Growmore ) 50 gr. Semua bahan di campur dalam 20 liter air sumur atau air tanah. Jangan gunakan air pam/pdam.  Larutan pekat 20 liter ini bisa diencerkan dalam 100 liter air yang kemudian siap digunakan untuk nutrisi hidroponik. Penggunaan nutrisi hidroponik sederhana ini memang cukup murah tetapi kelemahannya adalah kurang mencukupi unsur mikro.  Demikian ulasan tentang nutrisi hidroponik sederhana yang kami sarikan dari beberapa sumber, untuk lebih jelasnya silahkan lengkapi dengan informasi dari sumber lain.
Advertisments